Home / Uncategorized / Mengatur Keuangan Untuk Bisnis Yang Kamu Mau

Mengatur Keuangan Untuk Bisnis Yang Kamu Mau


Memiliki bisnis sendiri adalah impian banyak orang, termasuk saya. Apalagi kalau bisa membangun bisnis dari hobi. Wah, pastinya akan sangat menyenangkan ya, bisa mengubah hobi menjadi sesuatu yang menghasilkan uang.

Berawal dari minat itulah saya antusias mengikuti acara FUNancial Talkshow yang digelar di Paberik Kopi Upnormal Coffee Roasters, Jl. Cihampelas No.96 Bandung pada tanggal 7 Desember 2019 yang lalu. Acara ini diselenggarakan oleh Home Credit Indonesia, sebuah perusahaan pembiayaan yang sudah tidak asing lagi tentunya di kalangan anak muda. Tidak heran kalau untuk acara talkshow kali ini menghadirkan para pembicara yang menarik, yaitu Dipa Andika, seorang financial planner yang juga co-founder dari Hahaha Corp, dan Mohammad Takdis, seorang travel blogger yang sudah terkenal melanglang buana dan juga saat ini menjadi seorang pemilik travel organizer Whatravel Indonesia.

Topik talkshow FUNancial ini adalah “Financial Tips for Turning Your Hobby into a Business”. Acara ini dipandu oleh Uchita Pohan yang seru, ditambah dengan berbagai games yang menarik sehingga acara berjalan dengan menyenangkan dan menghibur.

Mohammad Takdis atau yang biasa dipanggil Kang Adis bercerita tentang hobi travelingnya yang membuat dia sampai drop-out dari kuliahnya. Tapi ia tidak berputus asa, malahan dari hobinya itu ia mulai membuat bisnis seperti tas traveling, dan buka kafe. Tapi walaupun sempat mengalami kesuksesan, tidak berapa lama bisnisnya pun bangkrut. Kenapa? Karena Kang Adis tidak bisa mengatur keuangan bisnisnya dengan baik. Profit yang ia dapatkan pun lambat laun habis karena tidak disiplin dalam pembagian modal dan pengeluaran.

Mas Dipa Andika yang sudah berpengalaman di bidang financial planner ini memberikan banyak tips-tips yang berguna untuk mengatur keuangan. Salah satunya, adalah dengan mengurangi pengeluaran untuk hal-hal yang tidak perlu. Misalnya, kebiasaan jajan, atau belanja online, atau bahkan parkir.

Dengan menyadari kebocoran-kebocoran keuangan kita, kita bisa
lebih disiplin dalam mengatur pendapatan dan pengeluaran. Kalau kita sudah tahu apa yang kita mau, akan lebih mudah untuk mendisiplinkan diri mengatur keuangan untuk mencapainya. Seperti yang kang Adis lakukan, berawal dari hobi travelingnya, ia tahu kalau ia ingin menjadikan hobinya itu sebuah bisnis yang menghasilkan. Maka dari pengalaman jatuh-bangun bertahun-tahun, kini kang Adis sudah bisa mendirikan sebuah travel organizer yang sudah berjalan dengan baik, dan juga sekarang sedang membangun hostel dan perumahan.

Wah, saya juga pengen hobi saya bisa menghasilkan seperti kang Adis!

Puas sekali rasanya bisa menambah insight mengenai finansial di acara FUNancial Talkshow ini. Coba pantengin website dan sosmed Home Credit Indonesia ya, siapa tahu berikutnya adalah giliran kotamu yang akan didatangi untuk talkshow seru dan bermanfaat berikutnya!

About LygiaPecanduhujan

Check Also

OPOPJABAR2019 : Mimpi Santri Yang Bersambut

www.NengHujan.com – Bertahun lalu, saya bersama dengan Komunitas Relawan Sedekah yang saya dirikan untuk melaksanakan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *